PEMDES GLAGAHSARI BESAMA PARA PETANI MELAKUKAN PENYEMPROTAN MASAL UNTUK BRANTAS HAMA WERENG

  • Oct 16, 2023
  • Glagahsari

Glagahsari, 07 Juni 2023 Pemerintah Desa bersama Para petani di desa Glagahsari melakukan Pemberantasan Hama wereng dengan Penyemprotan Masal.

Kegiatan tersebut dibuka Tepat Pukul 07.00 WIB dimulai dengan membagikan obat Pembasmi hama secara gratis dengan didampingi PPL Pertanian Kecamatan Soko Ibu Yuli Ajie Iswandari, Sp atau sering dipanggil Ibu Hayik, Petugas PHP Bpk. Martin Adi beserta Kepala Desa Glagahsari Bpk. Mujiono dan Ketua Kelompok tani "Mulyo Tani" Bpk. Abdul Rozaq.

bermula Kepala Desa Bersama Kelompok Tani Mulyo tani mengajukan Gerdal (Gerakan Pengendalian Hama) ke Dinas Pertanian melelui BPP Kecamatan Soko dan dilakukan survey.

Pak Wo Mulan Turut serta mengikuti Kegiatan penyemprotan hama wereng yang berlangsung di area persawahan tersebut.

Hama wereng banyak dijumpai pada tanaman padi, biasanya padi yang sudah mulai berisi. Hama ini hinggap pada batang daun padi dan menyebabkan tanaman padi menjadi tidak produktif. Hama wereng sangat merugikan sekali karena menghisap cairan nutrisi pada tanaman padi. Jika tanaman padi sudah terserang hama wereng, maka akan sulit untuk ditanggulangi. Penyebaran hama wereng ini sangat cepat dan berjumlah cukup banyak. 

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan penyemprotan massal hari ini, hama wereng bisa hilang dan tidak lagi menganggu tanaman padi masyarakat, sehingga hasil produksi yang diperoleh petani saat panen bisa meningkat.